Kolaborasi antarmuka otomotif multimedia AMIC (Automotive Multimedia Interface Collaboration) dapat dikatakan pula sebagai sebuah organisasi yang dibentuk untuk menetapkan standarisasi yang digunakan untuk mengatur bagaimana perangkat elektronik dapat bekerja seperti komputer & alat komunikasi pada kendaraan, sehingga alat-alat elektronik tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan kendaraan yang akan diproduksi oleh perusahaan otomotif tersebut.

 

Sistem multimedia yang ada di dalam sistem otomotif meliputi sistem dari kendaraan itu sendiri, sistem kendaraan yang terhubung dengan mobile system, dan sistem entertainment (hiburan) yang ada di dalam mobil. Dengan begitu pengguna kendaraan akan menggunakan sebuah sistem komputer di kendaraan yang sudah di lengkapi dengan teknologi ini, seperti penggunaan GPS.

 

Selain itu, Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasinya, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi yang luas.

 

Hal ini membuat kendaraan segera akan mengalami peningkatan perlengkapan dengan ditambahkannya sistem digital yang mendukung beberapa aplikasi seperti untuk mengakses informasi, komunikasi, kemanan dan internet. Seperti: pengenalan aplikasi real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan semakin meningkatnya komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan pariwisata dan travel. Oleh sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang diletakkan pada kendaraan akan meningkat.

 

Sejarah

 

Kolaborasi antar muka otomotif multimedia dalam bahasa Inggris dikenal dengan The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC). Yang dimana AMIC didirikan pada Oktober 1998 dalam rangka mengembangkan serangkaian spesifikasi umum mengenai multimedia interface ke dalam sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai perangkat elektronik di dalam kendaraan berbasis komputer. Inisiatif ini muncul oleh

 

 

pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota serta kelompok semua auto utama pembuat. Dengan demikian dapat terdapat peluang strategis baru untuk mencapai suatu set umum dibidang industri mobil. Organisasi seperti ini Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia

 

Pada  dasarnya  kolaborasi  antar  muka  otomotif  multimedia  memiliki  kelebihan  dan

 

kekurangan bagi pengguna diantaranya :

 

  • Kelebihan

 

  1. Memungkinkan seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfree yang biasa digunakan pada telepon selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang berfungsi untuk komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.

 

  1. Meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.

 

  1. Melatih pengguna dalam penggunaan multimedia.

 

  1. Memberikan kemudahan serta keamanan dalam berkendara.

 

  1. Semakin berkembangnya dunia otomotif multimedia.

 

  • Kekurangan :

 

  1. Inovasi, produksi dan penggunaan kendaraan semakin meningkat akan tetapi tidak diimbangi dengan lalu lintas berkendara.

 

  1. Mengurangi rasa keamanan dalam berkendara karena pengguna merasa fasiitas yang ada sudah canggih.

 

  1. Mahalnya harga kendaraan.

 

Saran

Kolabolasi antarmuka otomotif multimedia ini perlu ditingkatkan lagi dari segi design supaya semua orang dapat mengoperasika sistem antar muka dan juga memahaminya, Setiap kemajuan teknologi ditujukan untuk mempermudah penggunanya. Namun, kembali lagi pada masing-masing pengguna, agar memperhatikan lingkungan agar tetap aman, nyaman dan terkendali untuk membeli bahkan memiliki dan menciptakan suatu inovasi dalam pengembangan Automotif Multimedia Interface Colaboration.

 

Refrensi http://veny-tioanah.blogspot.co.id/2015/01/ami-c-automotif-multimedia-interface.html http://ekrasas.blogspot.co.id/2014/01/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html http://oetaribudhi.blogspot.co.id/2015/01/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html https://siscaellia.wordpress.com/2014/12/17/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia/ http://kharismadio.blogspot.co.id/2014/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html